Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan Tubuh


Seperti yang kita tahu, bahwasanya bersepeda merupakan sarana olahraga yang banyak digemari tidak hanya kaum anak – anak saja, bahkan disemua kalangan saat ini banyak yang menggemari olahraga sepeda. Ada beberapa alasan yang menyebabkan semua kalangan menggemari olahraga sepeda ini. Ditambah didukung oleh pemerintah dengan dibuatkannya jalur khusus sepeda yang membuat para bersepeda aman saat berjalannya.

Bersepeda merupakan Opsi Low-impact exercise, yakni jenis olahraga yang direkomendasikan bagi orang yang baru mulai berolahraga, karena olahraga ini minim risiko cedera dan mudah dilakukan. Jadi recommended lah pokoknya untuk yang baru memulainya.

Bagi yang mau mulai atau yang sudah sering olahraga menggunakan sepeda, atau bahkan bersepeda untuk kegiatan sehari hari anda, seperti berangkat sekolah, atau berangkat kerja.  Anda perlu tahu apa saja manfaat bersepeda bagi tubuh anda.

  1. Mengurangi resiko Kanker

Dalam Studi Journal Of American Medical Association menunjukan bahwasannya orang yang mempunyai tubuh bugar hingga usia tua memiliki risiko lebih rendah untuk mengidap kanker paru-paru dan kanker kolorektal. Jika anda mempertahankan aktivitas berolahraga khususnya dengan bersepeda, dan dibarengi dengan makan teratur, maka kedua hal tersebut membantu anda dalam mengurangi risiko kanker. Sementara bagi penderita yang sedang dalam pemulihan, akan mengurangi risiko efek samping dari pengobatan kanker dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

  1. Menurunkan tingkat stres

Bersepada selain menyehatkan tubuh, dapat juga bermanfaat untuk menyehatkan pikiran. Dikala pusing akan kegiatan sehari hari, baik pekerjaan sekolah, pekerjaan kantor, ataupun pekerjaan rumah. Bersepeda juga bermanfaat menghilangkan stres, sebab dikala bersepeda selalu melakukan hal-hal yang menyenangkan, selain fokus mengayuh, juga dapat menikmati pemandangan sekitar.

  1. Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang ingin menurunkan berat badan, Olahraga sepeda bisa jadi salah satu opsi yang bagus untuk menurunkan berat badan. Disamping menjaga pola makan, olahraga juga sangat berpengaruh untuk proses menurunkan berat badan. Salah satunya bersepeda, karena dalam bersepada bagian tubuh hamper semua berperan dalam proses penurunan badan, tidak hanya kaki saja.

  1. Melatih kekuatan otot kaki

Sudah jelas sekali bahwasannya bersepada yang paling berperan adalah bagian kaki, guna mengayuh pedal sepeda yang membawa beban berat tubuh. Maka dari itu peran kaki sangat berpengaruh sekali. Tidak heran   banyak orang untuk melatih bagian kaki, salah satu opsi terbaiknya adalah bersepda.

  1. Membantu mengatasi insomia

Bagi anda yang sering begadang karena pekerjaan sekolah/kuliah, pekerjaan kantor, atau kegiatan yang mengharuskan malam menjadi salah satu factor insomnia dan menjadi penyakit lain kedepannya karena kurang tidur. Bersepeda juga dapat membantu mengatasi insomia pada anda, karena anda akan mempersiapkan jadwal anda untuk keesokannya guna melakukan aktivitas bersepeda.