Waspadai Gejala Diabetes pada Tubuh Anda

Memiliki tubuh sehat tentu menjadi impian semua orang. Tetapi terkadang kita tidak menyadari bahwa kebiasaan dan juga makanan yang kita konsumsi membawa dampak buruk bagi kesehatan, salah satunya adalah diabetes.

Menurut laporan riset kesehatan dasar milik kementrian kesehatan RI, diabetes paling banyak dialami oleh masyarakat usia 15 tahun keatas. Namun, dari jumlah tersebut hanya sekitar 30% yang menunjukkan gejala dan resmi terdiagnosis. Oleh karena itu, sangat perlu bagi kita untuk mengetahui gejala-gejala diabetes.

Berikut beberapa tanda dan gejala yang umum dirasakan oleh penderita diabetes :

1. Meningkatnya frekuensi buang air kecil

Penderita diabetes umumnya mengalami gejala peningkatan frekuensi buang air kecil. Hal itu dikarenakan kadar gula darah yang sudah terlampau tinggi dalam tubuh. Dengan kadar gula yang sangat tinggi maka ginjal akan menyaring dan mengeluarkan kadar gula yang tidak terserap dalam bentuk urine.

2. Rasa haus berlebihan

Untuk gejala berikut masih ada kaitannya dengan meningkatnya frekuensi buang air kecil. Ketika ginjal bekerja ekstra keras untuk menyaring dan menyerap kelebihan gula, maka tubuh akan membutuhkan lebih banyak cairan. Inilah sebabnya mengapa penderita diabetes sering merasa haus yaitu karena tubuh telah kehilangan banyak cairan.

3. Cepat lapar

Penderita diabetes umumnya akan memiliki masalah pada kemampuan tubuh dalam memproduksi insulin. Seperti yang kita ketahui, makanan yang kita konsumsi akan diubah menjadi glukosa oleh hormon insulin untuk nantinya diubah menjadi energi. Namun, karena tubuh sulit merespon insulin maka perubahan glukosa menjadi energi menjadi terhambat. Karena tubuh ‘merasa’ belum mendapatkan energi yang cukup, maka dari itu tubuh akan mengirimkan sinyal untuk kembali makan

4. Berat badan turun drastis

Jika anda tidak sedang dalam proses diet tetapi terjadi penurunan berat badan lebih dari 5%, maka Anda perlu mewaspadainya sebagai gejala diabetes. Pada umumnya, tubuh akan memecah glukosa menjadi energi. Namun karena proses tersebut bermasalah maka tubuh akan mencari sumber lain yaitu protein. Tubuh akan mengubah lemak dan otot menjadi energi. Karena pengubahan lemak dan otot tersebut lah berat badan Anda menjadi turun drastis.

Perlu diketahui bahwa otot yang ada di dalam tubuh Anda menyumbang berat badan rata-rata pada pria sebanyak 45%, sementara pada wanita 36 persen.

5. Kulit kering

Pada umumnya, para penderita diabetes akan mengalami masalah pada kulit seperti kulit kering dan gatal. Hal tersebut terjadi karena produksi urine yang berlebih sehingga kulit kehilangan kelembaban alaminya.

Selain kering, kulit juga bisa mengalami gatal, bersisik, dan pecah pecah. Hal itu bisa diakibatkan oleh terjadinya peradangan pada kulit. Karena kandungan gula yang sangat tinggi dalam tubuh, hal itu membuat kinerja saraf menurun dan tubuh akan memproduksi banyak zat sitokin. Dengan banyaknya zat sitokin maka terjadi peradangan pada kulit.

Jika Anda mengalami beberapa gejala seperti di atas apalagi dalam jangka waktu yang sering selama beberapa waktu, segeralah cek kadar gula darah Anda. Pemeriksaan gula darah bisa dilakukan secara mandiri atau melakukan diagnosis diabetes melitus secara langsung dengan berkonsultasi ke dokter.